3 Struktur Trading Yang Harus Dikuasai Oleh Professional Trader

Di dalam trading Mungkin kita akan menemukan terdapat banyak sekali cara atau teknik dan strategi untuk bisa meraih profit, sehingga terkadang kita bingung untuk memilih strategi mana yang akan kita gunakan. Bahkan para profesional trader terkadang memiliki strategi yang berbeda satu dengan lainnya. Hampir semua strategi yang saya pelajari walaupun strateginya berbeda-beda tetapi biasanya memiliki tiga struktur yang sama. 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tiga struktur yang wajib ada pada strategi trading yang akan kita gunakan supaya kita benar-benar paham kunci utama keberhasilan pada suatu strategi trading. Dalam memilih strategi trading sebaiknya mampu memenuhi kriteria tiga struktur berikut.


1. Trend

Berguna untuk menentukan apakah kita akan menjadi buyer atau menjadi seller. Pertama-tama kita harus menentukan apakah hari ini kita akan menjadi buyer atau seller, artinya kita harus tahu pihak mana hari ini paling mendominasi market antara buyer atau seller.

Jadi tugas kita yang pertama adalah menentukan trend agar transaksi kita tidak berlawanan, dalam menentukan arah trend bisa menggunakan indikator Ema atau bisa menggunakan garis trendline.


2. Terlalu Murah dan Terlalu Mahal

Berguna untuk mengetahui di mana harga murah untuk entry buy dan harga mahal untuk entry sell, dalam kasus ini kita bisa menggunakan bantuan indikator RSI atau bisa menggunakan garis support dan resistance.

 

3. Momentum 

Digunakan sebagai tambahan konfirmasi adanya momentum buyer atau seller mulai masuk market dan kita akan mengikuti pergerakan buyer atau seller pada zona yang kita pilih, konfirmasi ini bisa di aplikasikan menggunakan pada candlestick engulfing atau fibonacci retrecment.

Jika kita kombinasikan ketiga syarat di atas maka akan menjadi seperti ini.



" jika trendline menunjukan trend naik dan garis resistance telah di tembus kemudian terjadi pantulan di area Fibonacci. Maka fokus kita sekarang menjadi buyer, apabila trendline menunjukan trend turun dan garis support telah di tembus kemudian terjadi pantulan di area Fibonacci. Maka fokus kita sekarang menjadi seller". 

Struktur ini lebih efektif dan sangat tertata dengan baik, namun perlu diingat sebaiknya kita tidak mencampurkan banyak strategi pada saat kita trading. Kita pilih salah satu dan fokus hanya pada satu strategi yang menurut kita paling sesuai memenuhi tiga persyaratan tadi dan mampu menjawab Pertanyaan.

apakah hari ini kita menjadi buyer atau seller dalam kasus ini adalah trend?

Apakah dapat menentukan di mana harga murah untuk entry buy dan harga mahal untuk entry sell?

Kapan momentum yang tepat untuk kita melakukan transaksi?

Jadi apapun strategi yang sekarang kita gunakan sebaiknya mampu menjawab tiga pertanyaan di atas, dan biasanya hampir semua strategi yang digunakan oleh profesional trader akan mampu menjawab tiga pertanyaan tersebut. 

Terlepas dari apapun strateginya saran saya adalah kalian pahami tiga struktur ini agar kalian lebih mudah memahami apapun strategi yang kalian pelajari sekarang.

Posting Komentar untuk "3 Struktur Trading Yang Harus Dikuasai Oleh Professional Trader"